Manfaat email marketing

Dalam perkembangannya, teknologi digital muncul dalam bentuk dan jenis yang jauh lebih beragam, salah satunya adalah email marketing. Dewasa ini, email marketing semakin banyak dipilih untuk mengembangkan bisnis karena banyak keuntungan yang bisa diperoleh melalui cara beriklan jenis ini jika dibandingkan dengan cara pemasaran konvensional.

Apakah Email Marketing Itu?

Seperti sebutannya, email marketing adalah cara pemasaran dengan memanfaatkan email sebagai medianya untuk mengiklankan berbagai produk barang dan jasa. Dibandingkan dengan teknik pemasaran konvensional yang cenderung membutuhkan biaya besar, email marketing hanya membutuhkan modal yang jauh lebih sedikit. Selain itu, email marketing dapat menjangkau pasar yang lebih luas jika dibandingkan dengan pemasaran konvensional. Bila anda ingin memulai sebuah usaha tapi hanya memiliki modal yang kecil, maka email marketing dapat menjadi solusi yang menguntungkan.

Bagaimana Cara Membuat Email Marketing Yang Menarik?

Berikut adalah kiat-kiat membuat email marketing yang menarik untuk menjangkau target pemasaran anda.

Menentukan Subjek Email

Hal pertama yang harus dilakukan dalam memasarkan produk dan jasa melalui email adalah menentukan subjek email. Penentuan subjek email ini sangat penting karena dapat mempermudah orang-orang yang menjadi target pemasaran anda untuk menemukan dan membaca email marketing anda dengan lebih cepat. Semakin cepat target anda membaca email anda maka semakin cepat produk anda dapat dikenal. Anda dapat mengawali email marketing anda dengan kalimat menarik dan tentunya membuat pembaca email anda penasaran seperti “diskon khusus hari ini” dan sebagainya. Anda juga dapat membuat penerima email anda merasa istimewa dan penasaran dengan iklan anda dengan menggunakan kata-kata seperti “hanya untuk anda” dan lain-lain.

Buatlah Desain Email yang Menarik

Setelah menetukan subjek email, sangat penting bagi anda untuk membuat desain email marketing semenarik mungkin. Tampilan suatu iklan sangatlah penting untuk menarik perhatian target pasar. Anda dapat memasang gambar-gambar menarik pada email anda dan menggunakan warna-warna yang cerah sebagai latar belakang sehingga email marketing anda akan berkesan lebih hidup.

Pastikan Konten Email Anda Layak Dibaca

Sebuah desain email marketing yang menarik akan tidak memiliki banyak manfaat apabila isi iklan kurang menarik. Perbandingan antara pembuatan deasain email marketing dengan konten email adalah 50:50. Untuk membuat email marketing yang menarik, pastikan anda membuat email dengan konten yang layak dibaca. Hindarilah menggunakan kalimat yang terlalu panjang. Fokuslah pada barang dan jasa yang anda tawarkan beserta kelebihan-kelebihannya. Gunakanlah kalimat yang mudah dipahami sehingga pembaca email anda tidak bingung dengan iklan yang anda tawarkan.

Buatlah Jargon atau Motto

Biasanya sebuah iklan akan lebih mengena apabila iklan tersebut disertai oleh jargon atau motto yang dapat membuat orang terus mengingat iklan anda tersebut. Gunakanlah gaya bahasa yang menarik dalam membuat motto dalam iklan anda. Anda dapat menyelipkan humor untuk membuat email marketing anda lebih menarik.

Artikel Lainya..